jump to navigation

Ganti Disk Brake Lebar, Pahami Konsekuensinya… April 12, 2012

Posted by jnakawara in safety riding, tips.
trackback

Motor sekarang umumnya telah mengadopsi sistem pengereman model disk.. Namun kadang ada saja hasrat untuk mengganti ukuran disk menjadi lebih lebar agar tampilan visual motor sampeyan makin ciamikk… Yoo lumrah saja mzbro, padahal disk standar juga cukup mumpuni menghentikan laju kuda besi…

Yang perlu dipahami saat mzbro mengganti diskbrake lebih lebar tentu pengereman yang jauh lebih pakem… Misalnya ukuran front disk Yamaha Vixion standar 260 mm, cmiiw.. akan diganti dengan ukuran 300 mm…
Secara fisika, rumus Torsi = Gaya x Jari-jari …
Misal gaya/tekanan yang diberikan jari kita ke tuas rem 50 N (Newton), maka pada cakram standar dihasilkan
torsi = 50 N x 130mm = 650 Nmm..
Sedangkan pada cakram 300mm dihasilkan
torsi = 50 N x 150mm = 750 Nmm..!!!
Jadi dengan gaya yang sama, pada cakram lebar terasa lebih maknyuuut… sekali colek langsung sreettt..!!!
makanya hati-hati mzbro..

Komentar»

1. ipanase - April 12, 2012
2. vixy182 - April 12, 2012

emang lebih pakem yg lebar🙂 ..

3. redbike92 - April 12, 2012

bisa ndlosor bisa ngusruk😀
satu lagi oom, makin lebar makin besar resikonya patah
http://redbike92.wordpress.com/2012/04/12/alat-transportasi-mana-yang-paling-worth-it/

4. apriantoblog - April 13, 2012

kalo problemo ane bukan di disk brake depan bro, tapi disk brake belakang yang sering ngunci, saking sebelnya ane olin disk belakang, ga aman but masi lumayan ngurangi kepakemam, sekarang malah kaya ABS di ban belakang wkkwkw

http://apriantoblog.wordpress.com/2012/04/13/satria-fu-sang-penakhluk-wanita-ninja-250-cbr-pulsar-200ns-lewat-semua-apa-lagi-supra-ane/

5. shogun110tromol - April 22, 2012

ingat juga, banyak disk lebar menganut sistem floating, yang sebetulnya kurang pas dipakaikan kaliper standar disk biasa…….

6. kharis27 - April 28, 2012

bener bro lebih pakem ,, jd harus sedikit hati-hati kalo lg ngerem,,,ga bisa kyak yang standart,,, kalo pake ban cacing+cakram lebar bahaya pasti ,.,.,.

http://kharis27.wordpress.com/2012/04/21/cakram-depan-psm-320mm-untuk-si-vixion/

7. thendy - Desember 3, 2012

mas bro knpa y, cakram gua ganti yg lebar malah kagak pakem cma bunyi doang srek2…gmna solusinya mas broo….

jnakawara - Desember 18, 2012

mungkin bahannya kurang bagus mas, imho..
kalo boleh tau, kaliper kanvas dll masih ori apa ngga?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: