jump to navigation

[Ingin Tahu] Perbedaan Karakter Power & Torsi… Maret 17, 2012

Posted by jnakawara in opini.
trackback

Mzbro yang budiman… asyiikk… yang namanya power dan torsi sebuah mesin pasti tak lepas dari karakter mesin itu sendiri..!!! memang banyak faktor penentu besarnya power dan torsi yang dihasilkan, namun kali ini saya ingin membandingkan output mesin standar pabrikan berdasarkan pengaruh bore x stroke, jumlah cam, serta jumlah silinder..!!! okke,,
Numero uno, sering kali perdebatan soal power kuda besi dikarenakan perbedaan karakter bore x stroke.. ambil contoh mesin ini

yupp, mesin Jupiter MX 135|CS1 125..sama-sama masih SOHC namun beda bore x stroke,, 58 x
47,2 mm|54 x 58,7 mm.. Jupiter MX yang overstroke memiliki torsi yang superior, sedangkan CS1 unggul power..!!! *klaim pabrikan

Lanjuttt, di kelas 150cc ada Vixion vs. CBR 150,, kali ini spek SOHC vs DOHC yang menentukan, Vixion unggul torsi di rpm rendah sedang CBR 150 unggul power di rpm tinggi..!!! FBH bisa sedikit berbangga..cmiiw..
Kontestan berikutnya adalah..

image

CBR 250 vs. Ninja 250..
adu mulut para fansBoy panas sekali di kelas ini..
Sama-sama double cam dan overstroke dipastikan sama-sama ganasss di putaran atas… namun Sang Ninja dibekali parallel twin silinder yang menurut teori mampu berkitir lebih tinggi… dan terbukti untuk urusan tenaga di putaran atas, ZX-250R lebih ‘nendang’ dibanding DOHC jagoan Honda…
trus SOHC ga bisa kenceng dong Mas??!
tenang mzbro..dengan teknologi semua bisa, contohnya??
ini nih…

Jazz SOHC 120 DK/6600 rpm vs. Yaris DOHC 110 DK/6000 rpm..cmiiw ternyata SOHC bisa lebih powerfull dibanding DOHC…
soo…yang bisa kita simpulkan dari sini adalah… di atas langit masih ada langit..!!!
sekian dari saya..
monggo dikomentari..

Komentar»

1. kenthoet - Maret 17, 2012

jupi z lawan old smash… jupi mnang tarikan tp smash unggul d topspeed.. cos dh pnya 2-2 nya

jnakawara - Maret 17, 2012

mantepp..mas ..

2. ipanase - Maret 17, 2012
3. bintangpuwny's Blog - Maret 17, 2012

Jupi mahhh asekkkkk pisan

jnakawara - Maret 17, 2012

mak wusssshhhh

bintangpuwny's Blog - Maret 18, 2012

wekekekekek,,
inget iklannya komeng 😀

4. shogun110tromol - Maret 17, 2012

CBR DOHC unicam ah, kurang seru dibanding DOHC murni 😆

betewe………saya disini komentar dan bukan titip artikel……… 😆

jnakawara - Maret 17, 2012

okehh bro..
ditampung masukannya…
kyknya cbr 250 bkn unicam deh..

shogun110tromol - Maret 17, 2012

coba gugling :mrgreen:

yang DOHC murni itu CBR150

earphane - Maret 19, 2012

CBR250r DOHC-nya emang beda, tapi bukan UNICAM seperti di CRF.
Cbr250r terdapat Double Cam, sedang Unicam cuma ada satu/Single Cam.

-SOHC konvensional = satu cam dengan dua tonjolan in dan ex. Dimana kedua tonjolan tersebut menonjok masing-masing valve melalui perantara rocker arm (pelatuk).
-DOHC konvensional = dua cam masing-masing punya dua tonjolan. Dimana tonjolan tersebut menonjok valve secara langsung tanpa perantara rocker arm.
-Unicam = satu cam dengan 3 atau 4 tonjolan, dimana dua tonjolan menonjok langsung valve in, dan sisanya menonjok valve ex melalui perantara rocker arm.
-DOHC cbr 250r = dua cam masing-masing hanya mempunyai satu tonjolan, sehingga di beri tambahan rocker arm agar bisa menonjok dua valve.
DOHC + rocker arm dulu juga pernah di terapkan di kawak zzr250..

shogun110tromol - Maret 19, 2012

oke…makasih referensinya….saya cek lagi nanti referensi saya 🙂

5. rahmat31 - Maret 18, 2012

bukan hanya liat over bore bro untuk menentukan ganas putaran atas….tapi stroke-nya harus kurang dari atau sama dengan 50 mm….liat tadi yang ente contohin. cs1 cbr 150 and ninin 250 semuanya di bawah 50 mm

jnakawara - Maret 18, 2012

nice inpoh bro… thx

6. jnakawara - Maret 18, 2012

memang sihh… kalo g salah cbr 250 itu DOHC berpelatuk ya??
kalo Unicam itu cam nya satu
nice inpoh broo

7. redbike92 - Maret 18, 2012

wah saya bukan FBY bro
tapi rasanya membandingkan Vixion ama CBR150 rasanya aneh aja
menurut pndapat saya ya
Vixion itu kelasnya Dazzler 150 aka NMP hehe :mrgreen:
btw, nice article bro 😀

jnakawara - Maret 18, 2012

mbandingin mesinnya aja om…
hehe

terimakasih udah mampir… 😉

8. scnk - Maret 18, 2012

ra mudeng

9. mas wahyu - Maret 18, 2012

Vixion vs cbr?
Sama sama keren

10. hanifzain - Maret 18, 2012
11. ryu - Maret 18, 2012

isi artikelnya terlalu dangkal dgn judul seperti itu

12. #99 bro. - Maret 18, 2012

nyimak…

13. ryo - Maret 18, 2012

imho kan jazz ada torque boost resonator… lumayan dongkrak tenaga… 🙂

14. Iwan Budi Santoso - Maret 18, 2012

Ninja 250 R kodenya bukan ZX mas,tapi EX250

jnakawara - Maret 18, 2012

ok mzbroo

15. Iskandar - Maret 18, 2012

Di atas langit masih ada langit..sebuah ungkapan yg bijak…

16. gogo - Maret 18, 2012

memang tak ad yg sempurna y..
nice post

17. Netral - Maret 18, 2012

N250 dan cbr250 overbore,bukan overstroke

18. earphane - Maret 19, 2012

CBR250r DOHC-nya emang beda, tapi bukan UNICAM seperti di CRF.
Cbr250r terdapat Double Cam, sedang Unicam cuma ada satu/Single Cam.

-SOHC konvensional = satu cam dengan dua tonjolan in dan ex. Dimana kedua tonjolan tersebut menonjok masing-masing valve melalui perantara rocker arm (pelatuk).
-DOHC konvensional = dua cam masing-masing punya dua tonjolan. Dimana tonjolan tersebut menonjok valve secara langsung tanpa perantara rocker arm.
-Unicam = satu cam dengan 3 atau 4 tonjolan, dimana dua tonjolan menonjok langsung valve in, dan sisanya menonjok valve ex melalui perantara rocker arm.
-DOHC cbr 250r = dua cam masing-masing hanya mempunyai satu tonjolan, sehingga di beri tambahan rocker arm agar bisa menonjok dua valve.
DOHC + rocker arm dulu juga pernah di terapkan di kawak zzr250.

earphane - Maret 19, 2012

jah salah tempat

19. Tulus Budi - Maret 19, 2012

Nice post….. mo ikut komen ilmuku lom nyampe… atut jadi bulan-bulanan para master enjin………

20. e63 - Maret 20, 2012

power n torsi jg ada contohnya di vixion sm r15 terlepas dr ecu yg berbeda, padahal kubikasinya g ada beda sm sekali, perbandingan gear rasio pun mempengaruhi. Klu di runut sampe ujung bakal panjang bgt

21. LintangSelatan - Maret 20, 2012

Ra mudeng blas…

22. prodeo - Maret 21, 2012

untuk kesekian kalinya motor vixion gw ngelibas tiger & megapro….
Padahan vixion bukalah motor yg superior…..

Ayo AHM boyong CBR 250 fireblade kesini… Biar gw bisa ngerasain 19.000 RPM…. mak wusssssssssssss…… ninja 250 & ninja 150 rr mah lewat jauh…

23. rahmat31 - Maret 21, 2012

quote: untuk kesekian kalinya motor vixion gw ngelibas tiger & megapro….
Padahan vixion bukalah motor yg superior…..

Ayo AHM boyong CBR 250 fireblade kesini… Biar gw bisa ngerasain 19.000 RPM…. mak wusssssssssssss…… ninja 250 & ninja 150 rr mah lewat jauh…

nyampe 19.000 rpm???,, jadi curiga sepertinya 250cc 4 silinder dengan stroke kurang dari 40mm. kalo bener begitu berarti sama borosnya kayak mesin 2 tak 2 silinder, masih maukah?

24. Aldiani - Maret 27, 2012

Itu jazz pake i-vtech. Teknologi lifting. Sedangkan yaris baru vvti. Cuma ngatur katup. Vtech buat mesin sohc emang ganas gan

Di motor teknologi lifting kan di larang keknya

Kalo hOnda grand di kasih lifting. Bisa2 ninja di asepin:p

25. shogun110tromol - April 22, 2012

oh iya, koreksi……..

-Ninja 250R kodenya bukan ZX250 tapi EX250, ada sih yang kodeny ZXR250, tapi itu bukan parallel twin melainkan motor sport 4 silinder segaris….

-CBR250 dan Ninja 250 itu bukan overstroke tapi overbore, CBR250 (76 x 55mm), dan EX250 (62.0 x 41.2mm)

:mrgreen:


Tinggalkan komentar