[Ingin Tahu] Perbedaan Karakter Power & Torsi… Maret 17, 2012
Posted by jnakawara in opini.trackback
Mzbro yang budiman… asyiikk… yang namanya power dan torsi sebuah mesin pasti tak lepas dari karakter mesin itu sendiri..!!! memang banyak faktor penentu besarnya power dan torsi yang dihasilkan, namun kali ini saya ingin membandingkan output mesin standar pabrikan berdasarkan pengaruh bore x stroke, jumlah cam, serta jumlah silinder..!!! okke,,
Numero uno, sering kali perdebatan soal power kuda besi dikarenakan perbedaan karakter bore x stroke.. ambil contoh mesin ini
yupp, mesin Jupiter MX 135|CS1 125..sama-sama masih SOHC namun beda bore x stroke,, 58 x
47,2 mm|54 x 58,7 mm.. Jupiter MX yang overstroke memiliki torsi yang superior, sedangkan CS1 unggul power..!!! *klaim pabrikan
Lanjuttt, di kelas 150cc ada Vixion vs. CBR 150,, kali ini spek SOHC vs DOHC yang menentukan, Vixion unggul torsi di rpm rendah sedang CBR 150 unggul power di rpm tinggi..!!! FBH bisa sedikit berbangga..cmiiw..
Kontestan berikutnya adalah..
CBR 250 vs. Ninja 250..
adu mulut para fansBoy panas sekali di kelas ini..
Sama-sama double cam dan overstroke dipastikan sama-sama ganasss di putaran atas… namun Sang Ninja dibekali parallel twin silinder yang menurut teori mampu berkitir lebih tinggi… dan terbukti untuk urusan tenaga di putaran atas, ZX-250R lebih ‘nendang’ dibanding DOHC jagoan Honda…
trus SOHC ga bisa kenceng dong Mas??!
tenang mzbro..dengan teknologi semua bisa, contohnya??
ini nih…
Jazz SOHC 120 DK/6600 rpm vs. Yaris DOHC 110 DK/6000 rpm..cmiiw ternyata SOHC bisa lebih powerfull dibanding DOHC…
soo…yang bisa kita simpulkan dari sini adalah… di atas langit masih ada langit..!!!
sekian dari saya..
monggo dikomentari..
jupi z lawan old smash… jupi mnang tarikan tp smash unggul d topspeed.. cos dh pnya 2-2 nya
mantepp..mas ..
kencanggggggggg
http://pertamax7.wordpress.com/2012/03/16/honda-akan-segera-injeksikan-new-megapro/
Jupi mahhh asekkkkk pisan
mak wusssshhhh
wekekekekek,,
inget iklannya komeng 😀
CBR DOHC unicam ah, kurang seru dibanding DOHC murni 😆
betewe………saya disini komentar dan bukan titip artikel……… 😆
okehh bro..
ditampung masukannya…
kyknya cbr 250 bkn unicam deh..
coba gugling
yang DOHC murni itu CBR150
CBR250r DOHC-nya emang beda, tapi bukan UNICAM seperti di CRF.
Cbr250r terdapat Double Cam, sedang Unicam cuma ada satu/Single Cam.
-SOHC konvensional = satu cam dengan dua tonjolan in dan ex. Dimana kedua tonjolan tersebut menonjok masing-masing valve melalui perantara rocker arm (pelatuk).
-DOHC konvensional = dua cam masing-masing punya dua tonjolan. Dimana tonjolan tersebut menonjok valve secara langsung tanpa perantara rocker arm.
-Unicam = satu cam dengan 3 atau 4 tonjolan, dimana dua tonjolan menonjok langsung valve in, dan sisanya menonjok valve ex melalui perantara rocker arm.
-DOHC cbr 250r = dua cam masing-masing hanya mempunyai satu tonjolan, sehingga di beri tambahan rocker arm agar bisa menonjok dua valve.
DOHC + rocker arm dulu juga pernah di terapkan di kawak zzr250..
oke…makasih referensinya….saya cek lagi nanti referensi saya 🙂
bukan hanya liat over bore bro untuk menentukan ganas putaran atas….tapi stroke-nya harus kurang dari atau sama dengan 50 mm….liat tadi yang ente contohin. cs1 cbr 150 and ninin 250 semuanya di bawah 50 mm
nice inpoh bro… thx
memang sihh… kalo g salah cbr 250 itu DOHC berpelatuk ya??
kalo Unicam itu cam nya satu
nice inpoh broo
wah saya bukan FBY bro
tapi rasanya membandingkan Vixion ama CBR150 rasanya aneh aja
menurut pndapat saya ya
Vixion itu kelasnya Dazzler 150 aka NMP hehe
btw, nice article bro 😀
mbandingin mesinnya aja om…
hehe
terimakasih udah mampir… 😉
ra mudeng
Vixion vs cbr?
Sama sama keren
ouhhhh
nitip lagi ahh http://zainword.wordpress.com/2012/03/18/apakah-adil-18/
isi artikelnya terlalu dangkal dgn judul seperti itu
nyimak…
imho kan jazz ada torque boost resonator… lumayan dongkrak tenaga… 🙂
Ninja 250 R kodenya bukan ZX mas,tapi EX250
ok mzbroo
Di atas langit masih ada langit..sebuah ungkapan yg bijak…
memang tak ad yg sempurna y..
nice post
N250 dan cbr250 overbore,bukan overstroke
CBR250r DOHC-nya emang beda, tapi bukan UNICAM seperti di CRF.
Cbr250r terdapat Double Cam, sedang Unicam cuma ada satu/Single Cam.
-SOHC konvensional = satu cam dengan dua tonjolan in dan ex. Dimana kedua tonjolan tersebut menonjok masing-masing valve melalui perantara rocker arm (pelatuk).
-DOHC konvensional = dua cam masing-masing punya dua tonjolan. Dimana tonjolan tersebut menonjok valve secara langsung tanpa perantara rocker arm.
-Unicam = satu cam dengan 3 atau 4 tonjolan, dimana dua tonjolan menonjok langsung valve in, dan sisanya menonjok valve ex melalui perantara rocker arm.
-DOHC cbr 250r = dua cam masing-masing hanya mempunyai satu tonjolan, sehingga di beri tambahan rocker arm agar bisa menonjok dua valve.
DOHC + rocker arm dulu juga pernah di terapkan di kawak zzr250.
jah salah tempat
Nice post….. mo ikut komen ilmuku lom nyampe… atut jadi bulan-bulanan para master enjin………
power n torsi jg ada contohnya di vixion sm r15 terlepas dr ecu yg berbeda, padahal kubikasinya g ada beda sm sekali, perbandingan gear rasio pun mempengaruhi. Klu di runut sampe ujung bakal panjang bgt
Ra mudeng blas…
untuk kesekian kalinya motor vixion gw ngelibas tiger & megapro….
Padahan vixion bukalah motor yg superior…..
Ayo AHM boyong CBR 250 fireblade kesini… Biar gw bisa ngerasain 19.000 RPM…. mak wusssssssssssss…… ninja 250 & ninja 150 rr mah lewat jauh…
quote: untuk kesekian kalinya motor vixion gw ngelibas tiger & megapro….
Padahan vixion bukalah motor yg superior…..
Ayo AHM boyong CBR 250 fireblade kesini… Biar gw bisa ngerasain 19.000 RPM…. mak wusssssssssssss…… ninja 250 & ninja 150 rr mah lewat jauh…
nyampe 19.000 rpm???,, jadi curiga sepertinya 250cc 4 silinder dengan stroke kurang dari 40mm. kalo bener begitu berarti sama borosnya kayak mesin 2 tak 2 silinder, masih maukah?
Itu jazz pake i-vtech. Teknologi lifting. Sedangkan yaris baru vvti. Cuma ngatur katup. Vtech buat mesin sohc emang ganas gan
Di motor teknologi lifting kan di larang keknya
Kalo hOnda grand di kasih lifting. Bisa2 ninja di asepin:p
oh iya, koreksi……..
-Ninja 250R kodenya bukan ZX250 tapi EX250, ada sih yang kodeny ZXR250, tapi itu bukan parallel twin melainkan motor sport 4 silinder segaris….
-CBR250 dan Ninja 250 itu bukan overstroke tapi overbore, CBR250 (76 x 55mm), dan EX250 (62.0 x 41.2mm)