jump to navigation

Shogun SP (Sport Production) Februari 19, 2013

Posted by jnakawara in opini.
Tags: , , , ,
trackback

shogun sp nakawara.com
Well, nama Shogun cukup mendapat hati di konsumen Indonesia… Salah satu dari generasi Shogun yang paling baik menurut saya adalah versi SP (sport production) generasi pertama…
Dengan spek begini

Diameter silinder : 53,5 mm
Langkah piston : 55,2 mm
Kapasitas silinder : 124,1 cc
Perbandingan kompresi : 9,5 : 1
Daya maksimum : 10,8 Ps / 8000 rpm
Torsi maksimum : 1,1 Kg-m / 6500 rpm
Karburator : Mikuni VM 18 SS
SP nakawara.com
Sudah cukup untuk melibas Supra X 125, ZX-130, bahkan Jupiter MX…!!!
Ada satu yang unik dari Shogun SP 125, yaitu sistem transmisinya yang murni injak ungkit layaknya motorsport… walaupun hanya 4-speed (2-1-3-4)…!!!
Dibekali velg dan disk brake yang identik dengan milik Satria F150, kereeen bener si Shogun ini…
Sayang sekali model ini segera dipensiunkan dan diganti dengan Shogun “Robot” yang aneh bentuknya…
SP robot nakawara.com

Entah kapan Suzuki akan membuat bebek yang disukasi konsumen lagi…
biar waktu yang menjawab…

Komentar»

1. z1rider - Februari 19, 2013
jnakawara - Februari 19, 2013

velg z1 juga bagus.. keker

z1rider - Februari 19, 2013

Jiah, justru itu weak pointnya bebek Yamaha bro. Ringkih peleknya. Pelek bebek Honda lebih tahan banting 🙂

kroco - Februari 19, 2013

ane dah buktikan kata2 bri z1 di pelek depan njmx ane..ihirrr 🙂

z1rider - Februari 19, 2013

Betul bro Kroco. Kalo ane di pelek belakang. Peang dikit 😀

2. Maskur - Februari 19, 2013

wis jarang weruh

jnakawara - Februari 19, 2013

langka ya…
wis pada bosookkk

3. Aa Ikhwan - Februari 19, 2013

motor ajib 😀

4. rusmanjay - Februari 19, 2013

velg nya mantap….

jnakawara - Februari 19, 2013

velg fu…

5. azizyhoree - Februari 19, 2013

paling suka sama SP 125 tanpa kick starter camshaft nya aja udah ajaib semi high lift 😀

jnakawara - Februari 20, 2013

cc nya sama kaya si riris…:)

6. Busa_tio - Februari 20, 2013

Kalo menurutku desain body Shogun Robot oke kok. Desainnya patah-patah dari depan ke belakang “garisnya” nyambung. Yg bikin kurang seimbang tu desain knalpotnya, kalo desain knalpotnya kayak Shogun SP yg sebelumnya tentu lebih bagus.

jnakawara - Februari 21, 2013

selera sih bro..
menurut saya sih kemunduran desain.. 🙂

Swer - Mei 10, 2013

betul, knalpotnya kalo diliat dari belakang tampak terlalu melebar ke kanan.

jnakawara - Mei 14, 2013

wagu, istilah gaulnya

7. Petter Tesla - Februari 20, 2013

Ayo Suzuki buat product yg kencang lagi..axelo disuntikmati saja, keluarkan kembali raider 125

jnakawara - Februari 21, 2013

mungkin buat proyek ayam jago 125 cc lg

8. kensanders99 - Maret 13, 2013

lebih pro ke shogun robot klo Sp klo yg sebelumnya perpindahan giginya rada kasar

9. Aji Mumpung - April 29, 2013

Pantesan aja Shogun SP fd125xrm masih jadi idola walaupun dah tuirr, Dalam kondisi standar, Tarikan & topspeednya diatas Shogun 125 R juga new Shogun FL 125 R, RR & SP. Apa bener Speedo nya produk Siemens VDO yg katanya lebih akurat.
Minusnya di vibrasi dan cepat panas. Perpindahan gigi agak kasar juga rasio gigi 2 ke gigi 3 terlalu jauh kayak nya. Untungnya jeroan dalamnya awet.

jnakawara - Mei 4, 2013

shogun sp yang saya temui di jalanan banyak yang ga terawat…
padahal motor bagus

10. didot - Oktober 19, 2013

kalau dalam keadaan standar sih untuk ngelibas mx sama supra belum bisa bro. SP menang tarikan aja, top speednya kalah. Kecuali udah ganti CDI.

Kalau model sih relatif, ane sih lebih suka yang robot, apalagi kalau knalpotnya diganti pake yang SP lama

Menurut ane kelebihannya SP lama tuh :
1. Shock belakangnya yang stabil tapi tetep empuk
2. Ga ada elektrik starter (jadinya beban listrik lebih ringan, magnetnya juga ga berat berat banget)
3. Speedo Siemens VDO (yang tahun 2006-2007) yang sistemnya udah digital
4. Velg merk Enkei, sama kayak FU
5. Disc depan udah menganut diameter yang lebar, ga usah modif lagi
6. Karbunya pake mikuni vm18, kalau mau enak lagi pake karbu arashi yang vm19
7. Blok mesin warnanya emas

Minusnya :
1. Body sering pecah, terutama yang di atas lampu belakang
2. Getarannya lumayan (Diperbaiki di generasi shogun robot, pake engine balancer yang akhirnya sedikit ngurangin peforma)
3. Banyak yang bermasalah di gigi primer

dekisugi - Desember 20, 2013

tergantung yg bawanya juga. sama mx cuma beda tipis di topspeed. ama supra emg kalah di jarak menengah. tapi kalau ngurut gigi 4-nya pas, supra jauuhh di belakang… tau sendiri kan gigi 4 honda cuma hiburan…


Tinggalkan komentar