Shogun SP (Sport Production) Februari 19, 2013
Posted by jnakawara in opini.Tags: shogun 125, shogun robot, shogun sp, spesifikasi shogun sp, velg satria fu
trackback
Well, nama Shogun cukup mendapat hati di konsumen Indonesia… Salah satu dari generasi Shogun yang paling baik menurut saya adalah versi SP (sport production) generasi pertama…
Dengan spek begini
Diameter silinder : 53,5 mm
Langkah piston : 55,2 mm
Kapasitas silinder : 124,1 cc
Perbandingan kompresi : 9,5 : 1
Daya maksimum : 10,8 Ps / 8000 rpm
Torsi maksimum : 1,1 Kg-m / 6500 rpm
Karburator : Mikuni VM 18 SS
Sudah cukup untuk melibas Supra X 125, ZX-130, bahkan Jupiter MX…!!!
Ada satu yang unik dari Shogun SP 125, yaitu sistem transmisinya yang murni injak ungkit layaknya motorsport… walaupun hanya 4-speed (2-1-3-4)…!!!
Dibekali velg dan disk brake yang identik dengan milik Satria F150, kereeen bener si Shogun ini…
Sayang sekali model ini segera dipensiunkan dan diganti dengan Shogun “Robot” yang aneh bentuknya…
Entah kapan Suzuki akan membuat bebek yang disukasi konsumen lagi…
biar waktu yang menjawab…
Peleknya itu lho, kagak nahan. Keren 😎
http://z1riders.wordpress.com/2012/12/15/weekend-dolan-bareng-temen-iseng-nyoba-supra-helm-in-pgm-fi/
velg z1 juga bagus.. keker
Jiah, justru itu weak pointnya bebek Yamaha bro. Ringkih peleknya. Pelek bebek Honda lebih tahan banting 🙂
ane dah buktikan kata2 bri z1 di pelek depan njmx ane..ihirrr 🙂
Betul bro Kroco. Kalo ane di pelek belakang. Peang dikit 😀
wis jarang weruh
langka ya…
wis pada bosookkk
motor ajib 😀
velg nya mantap….
velg fu…
paling suka sama SP 125 tanpa kick starter camshaft nya aja udah ajaib semi high lift 😀
cc nya sama kaya si riris…:)
Kalo menurutku desain body Shogun Robot oke kok. Desainnya patah-patah dari depan ke belakang “garisnya” nyambung. Yg bikin kurang seimbang tu desain knalpotnya, kalo desain knalpotnya kayak Shogun SP yg sebelumnya tentu lebih bagus.
selera sih bro..
menurut saya sih kemunduran desain.. 🙂
betul, knalpotnya kalo diliat dari belakang tampak terlalu melebar ke kanan.
wagu, istilah gaulnya
Ayo Suzuki buat product yg kencang lagi..axelo disuntikmati saja, keluarkan kembali raider 125
mungkin buat proyek ayam jago 125 cc lg
lebih pro ke shogun robot klo Sp klo yg sebelumnya perpindahan giginya rada kasar
Pantesan aja Shogun SP fd125xrm masih jadi idola walaupun dah tuirr, Dalam kondisi standar, Tarikan & topspeednya diatas Shogun 125 R juga new Shogun FL 125 R, RR & SP. Apa bener Speedo nya produk Siemens VDO yg katanya lebih akurat.
Minusnya di vibrasi dan cepat panas. Perpindahan gigi agak kasar juga rasio gigi 2 ke gigi 3 terlalu jauh kayak nya. Untungnya jeroan dalamnya awet.
shogun sp yang saya temui di jalanan banyak yang ga terawat…
padahal motor bagus
kalau dalam keadaan standar sih untuk ngelibas mx sama supra belum bisa bro. SP menang tarikan aja, top speednya kalah. Kecuali udah ganti CDI.
Kalau model sih relatif, ane sih lebih suka yang robot, apalagi kalau knalpotnya diganti pake yang SP lama
Menurut ane kelebihannya SP lama tuh :
1. Shock belakangnya yang stabil tapi tetep empuk
2. Ga ada elektrik starter (jadinya beban listrik lebih ringan, magnetnya juga ga berat berat banget)
3. Speedo Siemens VDO (yang tahun 2006-2007) yang sistemnya udah digital
4. Velg merk Enkei, sama kayak FU
5. Disc depan udah menganut diameter yang lebar, ga usah modif lagi
6. Karbunya pake mikuni vm18, kalau mau enak lagi pake karbu arashi yang vm19
7. Blok mesin warnanya emas
Minusnya :
1. Body sering pecah, terutama yang di atas lampu belakang
2. Getarannya lumayan (Diperbaiki di generasi shogun robot, pake engine balancer yang akhirnya sedikit ngurangin peforma)
3. Banyak yang bermasalah di gigi primer
tergantung yg bawanya juga. sama mx cuma beda tipis di topspeed. ama supra emg kalah di jarak menengah. tapi kalau ngurut gigi 4-nya pas, supra jauuhh di belakang… tau sendiri kan gigi 4 honda cuma hiburan…