jump to navigation

Sepenggal Kisah Lalu… Oktober 18, 2012

Posted by jnakawara in opini.
Tags: , , , , , ,
trackback

Kurang lebih lima tahun yang lalu, di saat motor bebek masih di puncak kejayaan tentu bro semua masih ingat betapa sengitnya pertarungan antar pabrikan di segmen ini…
Kala itu begitu banyak artikel komparasi mengenai flagship motor bebek masing-masing pabrikan baik di majalah cetak maupun elektronik…
Yupp… Honda dengan Supra X 125-nya, Yamaha dengan Jupiter MX-nya, Suzuki dengan Shogun SP, dan Kawasaki dengan Kaze ZX-130… masing-masing menjadi ikon tersendiri di hati pecinta otomotif…
Untuk mengenang sepenggal kisah di atas, bolehlah saya mereview para “jagoan” kelas kwek..kwek.. tersebut…
Oke, dimulai dari ZX-130 dulu dehh….

image

Motor ini hadir mulai tahun berapa?? ada yang tau?? saya juga lupa.. hehe.. tapi satu tagline yang selalu diingat yaitu “motor bebek serasa Ninja….” xixixi…
Aneh juga kedengerannya ya, but sorry to say… kalau boleh jujur desain si ZX ini masih jauuuh dari kesan Ninja… 😦

image

Menyandang nama ZX, namun mesin selonjoran, AT clutch, suspensi masih double shock dan RDB (rear drum brake), wtf..!!!
Desain body pun menggembung mirip Honda Karisma… satu yang out the box dari motor ini adalah letak tanki bensin yang di bawah stang… hemm… biar anteb kali yaa..??

image

Enaknya ZX-130 dibekali takometer, sehingga kita dapat memantau rpm saat hendak oper gigi… B-)
Lanjuuut ke sektor mesin…
Dengan cc yang cukup “besar” di kelasnya, ZX-130 mampu menyemburkan tenaga 7,4 KW (10,1 PS) pada 7.500 RPM dan
torsi maksimum 10,7 Nm / 5.500 RPM… Hemmm cukup badak ya bro…
Last,, sekarang mulai jarang nemuin bebek ini di jalanan… kalaupun ketemu biasanya dengan kondisi kurang terawat… Namun itulah sejarah, tak bisa ditampik motor ini memang kurang laku di pasaran… Dan akhirnya harus didiscontinyu karena seleksi alam… 😦
Bagi yang mau menganalisa, berikut spek lengkap ZX-130
Type Mesin : 4 langkah, SOHC 2 Katup
Diameter x Langkah : 53,0 x 59,1mm
Jumlah & Isi Silinder : Satu buah & 130cc
Perbandingan Kompresi : 10 : 1
Daya Maksimum : 7,4 KW (10,1 PS) /
7.500 RPM
Torsi Maksimum : 10,7 Nm / 5.500 RPM
Karburator : Keihin NCV24
Sistem Starter : Electric&Kick Starter
Jumlah Transmisi : 4 speed
Pola Pengoperan Gigi : N-1-2-3-4
Tipe Sistem Reduksi Primer : Gear
Kopling : Centrifugal, Wet multi disc
Tipe sistem final drive : Chain drive
Rasio reduksi : 3.000 ( 42/14 )
Drive rasio keseluruhan : 8.694 @ top gear
Sistem Pengapian : DC-CDI
Sistem Pelumasan Oli : Forced Lubrication ( Wet Sump )
Sistem Pendinginan : Pendinginan udara
Sistem Penyaringan Oli : Double Filter
Kapasitas Pelumas Mesin : 1,1 liter
( kering )
Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 3,7 liter
Busi : NGK C6HSA / ND U20FS-U
PanjangxlebarxTinggi : 1904mm x 709mm x 1050mm
Tinggi Tempat Duduk : 752mm
Jarak Poros Roda : 1.248mm
Jarak terendah ke tanah : 142mm
Berat kosong : 104 kg
Tipe Rangka : Pipe Backbone
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Swing Arm
Ukuran Ban Depan : 70/90 – 17M C 38P
Ukuran Ban Belakang : 80/90 – 17M/C 44P
Rem Depan : Cakram Twin Pot
Rem Belakang : Drum / Tromol
Pelek Roda : Spoke / Jari-jari, Cast Wheel
Battery MF : Sealed Battery (B.Kering ) 12 V 3.5 Ahs
bonuss…

image

stay tune terus,,
to be continued………….

Komentar»

1. ipanase - Oktober 18, 2012

seleksi alam

jnakawara - Oktober 18, 2012

yang tangguh yang bertahan…

ipanase - Oktober 19, 2012

jos

2. janculo - Oktober 18, 2012

longstruk larinya jusss.,.,.,

jnakawara - Oktober 19, 2012

kaya celeng larinya tp susah belok…

janculo - Oktober 19, 2012

tp kl cornering bisa gesrek sangking rebahnya:)

jnakawara - Desember 18, 2012

ya begitu deh… musti pake wearpack biar safety

3. kacer - Oktober 19, 2012

inovasi jempolan tapi tidak didukung desain yang memuaskan.
yang bikin illfeel desain swing armnya yang mengalah demi knalpot sehingga dudukan sokbeker jadi asimetris.

jnakawara - Oktober 19, 2012

emang bner… swing arm nya sih oke lebar bhkan lbh bsar dari punya tiger, tp msh dual shock

bimbim - Oktober 19, 2012

Panjang sebelah

janculo - Oktober 19, 2012

lebar sebelah

jnakawara - Desember 18, 2012

geometri yang tidak memperhitungkan estetika…

jnakawara - Desember 18, 2012

ya begitu lah…

4. paedhimas - Oktober 19, 2012

helm in pertama ini…

jnakawara - Oktober 19, 2012

ho’oh…
ninja helm in … hihihi

5. jnakawara - Oktober 19, 2012

perhitungan geometri yg merusak estetika..

6. Gogo - Oktober 19, 2012

revolusioner bgt saat itu.. keren pkoknya.

7. pangben - Oktober 19, 2012
jnakawara - Desember 18, 2012

jebule

8. jack miko - Oktober 19, 2012

Ada kesalahan besar&fatal dlm Market ZX,Barang tdk sesuai iklan.Ini namanya Penipuan Publik,la lht aja tu iklan ada 2Cewek,stlh beli mtrnya cm dpt helm&jaket.Apa gak kecewa tu konsumennya,Lha mana ceweknya Mas Sales?saya beli ni mtr kirain bonus 2cewek kayak d iklan hahahaha…..,Salam kenal bro,Keep Brotherhood!!

jnakawara - Desember 18, 2012

salam kenal juga mas jack.. Keep Brotherhood!!

9. SuRyA - Oktober 19, 2012

Saya mpe sekarang penasaran ma ni motor klo isi bensin coz tangkinya diatas lampu 🙂

http://www.dk8000.co.nr

jnakawara - Desember 18, 2012

cukup anteb mas bro..
kalo kondisi fulltank berasa naik celeng.. hehe

10. tanaman obat - Oktober 31, 2012

produk kawasaki emang memiliki desain yang menarik, cuma mungkin karena suku cadang dan kecendrungan hrg yang anjlok, orang rada2 mikir bila mo beli merk ini

jnakawara - Desember 18, 2012

menarik di motor batangannya…ok


Tinggalkan Balasan ke kacer Batalkan balasan