Sepenggal Kisah Lalu… Oktober 18, 2012
Posted by jnakawara in opini.Tags: baby ninja, geng ijo, jupiter mx, kawasaki Zx-130, komparasi, shogun sp, supra x 125
trackback
Kurang lebih lima tahun yang lalu, di saat motor bebek masih di puncak kejayaan tentu bro semua masih ingat betapa sengitnya pertarungan antar pabrikan di segmen ini…
Kala itu begitu banyak artikel komparasi mengenai flagship motor bebek masing-masing pabrikan baik di majalah cetak maupun elektronik…
Yupp… Honda dengan Supra X 125-nya, Yamaha dengan Jupiter MX-nya, Suzuki dengan Shogun SP, dan Kawasaki dengan Kaze ZX-130… masing-masing menjadi ikon tersendiri di hati pecinta otomotif…
Untuk mengenang sepenggal kisah di atas, bolehlah saya mereview para “jagoan” kelas kwek..kwek.. tersebut…
Oke, dimulai dari ZX-130 dulu dehh….
Motor ini hadir mulai tahun berapa?? ada yang tau?? saya juga lupa.. hehe.. tapi satu tagline yang selalu diingat yaitu “motor bebek serasa Ninja….” xixixi…
Aneh juga kedengerannya ya, but sorry to say… kalau boleh jujur desain si ZX ini masih jauuuh dari kesan Ninja… 😦
Menyandang nama ZX, namun mesin selonjoran, AT clutch, suspensi masih double shock dan RDB (rear drum brake), wtf..!!!
Desain body pun menggembung mirip Honda Karisma… satu yang out the box dari motor ini adalah letak tanki bensin yang di bawah stang… hemm… biar anteb kali yaa..??
Enaknya ZX-130 dibekali takometer, sehingga kita dapat memantau rpm saat hendak oper gigi… B-)
Lanjuuut ke sektor mesin…
Dengan cc yang cukup “besar” di kelasnya, ZX-130 mampu menyemburkan tenaga 7,4 KW (10,1 PS) pada 7.500 RPM dan
torsi maksimum 10,7 Nm / 5.500 RPM… Hemmm cukup badak ya bro…
Last,, sekarang mulai jarang nemuin bebek ini di jalanan… kalaupun ketemu biasanya dengan kondisi kurang terawat… Namun itulah sejarah, tak bisa ditampik motor ini memang kurang laku di pasaran… Dan akhirnya harus didiscontinyu karena seleksi alam… 😦
Bagi yang mau menganalisa, berikut spek lengkap ZX-130
Type Mesin : 4 langkah, SOHC 2 Katup
Diameter x Langkah : 53,0 x 59,1mm
Jumlah & Isi Silinder : Satu buah & 130cc
Perbandingan Kompresi : 10 : 1
Daya Maksimum : 7,4 KW (10,1 PS) /
7.500 RPM
Torsi Maksimum : 10,7 Nm / 5.500 RPM
Karburator : Keihin NCV24
Sistem Starter : Electric&Kick Starter
Jumlah Transmisi : 4 speed
Pola Pengoperan Gigi : N-1-2-3-4
Tipe Sistem Reduksi Primer : Gear
Kopling : Centrifugal, Wet multi disc
Tipe sistem final drive : Chain drive
Rasio reduksi : 3.000 ( 42/14 )
Drive rasio keseluruhan : 8.694 @ top gear
Sistem Pengapian : DC-CDI
Sistem Pelumasan Oli : Forced Lubrication ( Wet Sump )
Sistem Pendinginan : Pendinginan udara
Sistem Penyaringan Oli : Double Filter
Kapasitas Pelumas Mesin : 1,1 liter
( kering )
Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 3,7 liter
Busi : NGK C6HSA / ND U20FS-U
PanjangxlebarxTinggi : 1904mm x 709mm x 1050mm
Tinggi Tempat Duduk : 752mm
Jarak Poros Roda : 1.248mm
Jarak terendah ke tanah : 142mm
Berat kosong : 104 kg
Tipe Rangka : Pipe Backbone
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Swing Arm
Ukuran Ban Depan : 70/90 – 17M C 38P
Ukuran Ban Belakang : 80/90 – 17M/C 44P
Rem Depan : Cakram Twin Pot
Rem Belakang : Drum / Tromol
Pelek Roda : Spoke / Jari-jari, Cast Wheel
Battery MF : Sealed Battery (B.Kering ) 12 V 3.5 Ahs
bonuss…
stay tune terus,,
to be continued………….
seleksi alam
yang tangguh yang bertahan…
jos
longstruk larinya jusss.,.,.,
kaya celeng larinya tp susah belok…
tp kl cornering bisa gesrek sangking rebahnya:)
ya begitu deh… musti pake wearpack biar safety
inovasi jempolan tapi tidak didukung desain yang memuaskan.
yang bikin illfeel desain swing armnya yang mengalah demi knalpot sehingga dudukan sokbeker jadi asimetris.
emang bner… swing arm nya sih oke lebar bhkan lbh bsar dari punya tiger, tp msh dual shock
Panjang sebelah
lebar sebelah
geometri yang tidak memperhitungkan estetika…
ya begitu lah…
helm in pertama ini…
ho’oh…
ninja helm in … hihihi
perhitungan geometri yg merusak estetika..
revolusioner bgt saat itu.. keren pkoknya.
Satu2nya motor bebek yang mendapat nama ZX 😀
https://pangben.wordpress.com/2012/10/19/ducati-desmosedici-rr-gue-harus-koprol-sambil-bilang-wow/
jebule
Ada kesalahan besar&fatal dlm Market ZX,Barang tdk sesuai iklan.Ini namanya Penipuan Publik,la lht aja tu iklan ada 2Cewek,stlh beli mtrnya cm dpt helm&jaket.Apa gak kecewa tu konsumennya,Lha mana ceweknya Mas Sales?saya beli ni mtr kirain bonus 2cewek kayak d iklan hahahaha…..,Salam kenal bro,Keep Brotherhood!!
salam kenal juga mas jack.. Keep Brotherhood!!
Saya mpe sekarang penasaran ma ni motor klo isi bensin coz tangkinya diatas lampu 🙂
—
http://www.dk8000.co.nr
cukup anteb mas bro..
kalo kondisi fulltank berasa naik celeng.. hehe
produk kawasaki emang memiliki desain yang menarik, cuma mungkin karena suku cadang dan kecendrungan hrg yang anjlok, orang rada2 mikir bila mo beli merk ini
menarik di motor batangannya…ok